Headlines News :
Home » » MEMASUKI PINTU TAHUN NAGA AIR

MEMASUKI PINTU TAHUN NAGA AIR

Written By Regina Kim on Kamis, 26 Januari 2012 | 03.50.00

kita sudah memasuki tahun Naga pada 23 Januari 2012 berdasarkan Chinese Lunar New Year atau sering disebut Tahun Baru China. Didalam penanggalan China, terdapat duabelas macam binatang yang melambangkan tahun. Setiap binatang dipengaruhi oleh lima macam elemen yaitu air, api, tanah, kayu dan emas. Perhitungan siklus duabelas tahun dimulai dengan Tahun Tikus dan ditutup dengan Tahun Babi.

Jika perhitungan digabungkan dengan kelima elemen maka setiap siklus akan dipenuhi dalam enampuluh tahun. Tahun Naga 2012 ini dipengaruhi oleh elemen Air ( 水 ), sehingga disebut Tahun Naga Air. Mengikuti siklus lengkap, maka seseorang yang lahir pada tahun Naga Air akan bertemu dengan tahun Naga Air lagi ketika berusia enam puluh tahun.


Naga adalah binatang yang paling unik didalam kalender China, karena merupakan satu-satunya binatang mitologi. Naga melambangkan kesuksesan, kekuatan dan kemakmuran.

Gambar naga pertama kali muncul pada dinasti Yin dan Shang (antara abad ke-16 dan abad ke-11 SM, periode hieroglif China awal), tergambar pada tulang dan tempurung kura-kura. Prasasti ini menggambarkan reptil bertanduk, gigi, sisik dan kadang-kadang kaki juga.

Dalam mitologi China, Naga digambarkan secara visual sebagai gabungan dari sembilan macam makhluk: tanduk rusa, kepala unta, mata setan, leher ular, perut dari kerang besar, sisik ikan mas, cakar elang, kaki harimau, dan telinga lembu.

Sang Naga dikatakan menguasai lautan di empat penjuru angin, serta menyebabkan hujan dan petir. Pada jaman dahulu, masyarakat China bergantung penuh pada sektor agraria, maka wajar jika Sang Naga pembuat hujan melambangkan kemakmuran.

Sang Naga mempunyai sembilan anak yang memiliki tugas masing-masing. Hal ini melambangkan kesempurnaan, karena angka “9″ merupakan angka tunggal yang terbesar.

Naga atau “Lung” ( 龍 ) dalam bahasa Mandarin bersifat maskulin, sedangkan Naga yang feminim dilambangkan dengan Burung Phoenix atau “Fung” ( 鳳 ). Penyatuan “Lung” dan “Fung” melambangkan “Harmoni” (Yin Yang - 陰陽 ).

Dalam kebudayaan China, keseimbangan Yin Yang sangat penting , karena mempengaruhi segala aspek kehidupan, termasuk kesehatan, kesuksesan, rumah tangga dan keturunan. Maka tidak heran jika kata “Hao” ( 好 ) yang artinya “Baik” sebenarnya terdiri dari gabungan dua huruf yaitu ” 女 ” (anak perempuan) dan ” 子 ” (anak laki).

Yin Yang dilambangkan dengan lingkaran yang terbagi dalam dua bagian hitam dan putih dimana pada bagian hitam ada titik putih dan bagian putih ada titik hitam. Kedua titik itu menggambarkan ketidaksempurnaan. Manusia bisa mencapai harmoni, tetapi tidak bisa sempurna, karena kesempurnaan adalah milik Tuhan.

Perayaan Imlek tahun ini merupakan pintu untuk memasuki Tahun Naga dengan harapan menggapai sukses dalam harmoni keseimbangan antara kerja keras dan kesehatan jiwa raga. ( Alex Win )

Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai
新年快樂 , 恭禧發財
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Google Translate

 
Support : Creating Website | FengShui-Shio-Bintang Anda | FengShui-Shio-Bintang Anda
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Feng Shui,Shio dan Zodiac Anda - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template